Cerdik Memilih Properti untuk Investasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Bisnis properti seperti rumah atau jenis hunian lainnya seringkali dijadikan pilihan untuk investasi jangka panjang. Sebelum membeli properti, ada baiknya Anda pandai-pandai memilih tempat yang potensial dan saat yang tepat untuk berinvestasi.

Pengamat properti Ali Tranghanda dalam media gathering PT Modernland Reality, di Jakarta (25/5), menuturkan, tidak semua hunian atau properti dapat dijadikan investasi. Sebelum membeli, seorang konsumen sebaiknya mencermati wilayah-wilayah mana yang akan berkembang.

Menurut pendapat Ali, kawasan Pondok Indah yang dikenal elite dan lingkungannya bagus, belum tentu cocok untuk lahan investasi. Justru wilayah yang masih biasa saja, seperti Ampera dan Prapanca, berpotensi menjadi daerah berkembang dan akan menguntungkan dari segi investasi dalam beberapa tahun mendatang.

"Misalnya daerah Ampera dan Prapanca, saat ini memang dua daerah tersebut masih biasa-biasa saja. Tapi saya yakin beberapa tahun ke depan, daerah tersebut akan berkembang," kata Ali.

Hal yang kedua adalah, konsumen harus mencermati pemekaran wilayah-wilayah pertumbuhan yang sudah jenuh. "Tahun 2006-2007, wilayah yang bagus dijadikan investasi adalah Serpong. Namun, sekarang masyarakat telah jenuh dan daerah wilayah yang dijadikan investasi bergeser ke daerah Pamulang, Bintaro, dan Ciputat," terang Ali.

Dan hal yang terakhir yang sebaiknya diperhatikan adalah lokasi dan timing.

"Jangan asal memilih perumahan, lihat lokasi mana yang dapat berkembang, misalnya pada daerah yang akan dibangun jalan tol. Mungkin saat ini wilayah tersebut belum memiliki nilai investasi masih rendah, tapi pada timing jalan tol itu jadi nilai investasi akan melambung," tandas dia.

0 komentar:

Posting Komentar

LOMBOK PROPERTY - Office: Jln. sultan Hasanudin No 19 Leneng Praya - Lombok - Indonesia.
Mobile: +62 83129508585.
Email: wiwidbajangsasak@gmail.com.
Website: http://infoproperty.blogspot.com.
We can provides you nice properties around the Lombok Island . Come and join us for a great investment in Lombok . Copyright (c) 2010. All rights reserved.